Selasa, 22 Mei 2012

DPROPOSAL MA,ADH ARUS-SUNNAH

PROPOSAL MA’ADH DARUS-SUNNAH
Assalamualayikum warahmatullahi wabarakatuhu.
Salam ta'zhim kami sampaikan semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin dengan ini kami menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa beserta ibadah penyertaan lainnya, semoga melalui amal ibadah dibulan Ramadhan tersebut kita semua mampu meraih peningkatan nilai-nilai ketaqwaan yang dijanjikan oleh Allah SWT.
Selanjutnya, berkenaan dengan adanya kegiatan pembangunan MA’ADH DARUS-SUNNAH PAPUA BARAT yang kami asuh, dimana saat ini kami sangat mengharapkan dukungan dana dari segenap kaum muhsinin, maka bersama ini kami laporkan kelangsungan pembangunan Pesantren tersebut sebagaimana terlampir, dan sekaligus kami menyampaikan permohonan dana kepada Bapak/Ibu , baik dalam bentuk Wakaf, Zakat dan Infaq demi kelancaran pembangunannya. Dan bagi kaum Muhsinin yang berkenan untuk mendukung program mulia ini, dapat menyalurkannya kepada pengurus muslim papua
Demikian permonan ini kami sampaikan kiranya Bapak/Ibu dapat mengabulkannya dan atas perhatian dan pengorbanannya kami ucapkan jazakumullahu khairol jaza', Semoga Allah menerima amalnya sebagai jariah diakhirat kelak serta diganti dengan yang lebih baik didunia ini, Amin.

Wassalamu'alaikum wr.wb.
PENGASUH:


( Muh Jafar Al Yasin )







PROFIL
PEMBANGUNAN MA’ADH DARUS-SUNNAH

A. Muqaddimah
Gegap-gempitanya dakwah Islam di Tanah papua sungguh sangat menggembirakan. Tapi di sisi lain, kondisi itu kurang dibarengi dengan pembenahan menyeluruh kelompok umat Islam lain, yaitu para mualaf. Dakwah Islam telah menggetarkan sebagian umat lain masuk Islam dan ini logis karena ajaran Islam sangat menyentuh ruang-ruang batin yang haus akan kebenaran. Hanya saja, perkembangan yang menggembirakan ini melupakan aspek pembinaan pada sekelompok umat Islam tanah papua (para mualaf).
Maka tak heran jika perhatian terhadap para mualaf ini semakin terasa dari tahun ke tahun. Keberadaan mereka terabaikan baik oleh pemerintah (Departemen Agama) maupun oleh organisasi-organisasi Islam yang ada. Padahal mereka adalah sekelompok umat yang disebutkan dalam al-Qur'an sebagai entitas penerima zakat. Penerima zakat ini dapat diartikan secara luas meliputi pembinaan, perlindungan, perhatian, dan nasib mereka setelah masuk Islam.
Karena itu, kebutuhan akan lembaga atau pembbinaan yang secara spesifik mengurus para mualaf sangatlah mendesak dan masuk kategori dharury. Dalam rangka memenuhi tujuan dimaksud, pengurus anak santri muallaf/muslim papua telah mendirikan Pesantren MA’ADH DARUS-SUNNAH.yang dirancang untuk membina, mendidik, dan menyantuni para mualaf sampai mereka mampu berdiri sendiri. Hal ini dilakukan karena pembinaan mualaf tidak dilakukan secara sistemik dan programatik, sehingga dalam banyak hal mendorong mereka melakukan murtad kembali.
Dengan demikian, pengurus santri muallaf/muslim papua didirikan bukan saja karena untuk mengisi kekosongan peran pembinaan mualaf, tetapi juga untuk mengefektifkan kerja-kerja pembinaan mualaf secara lebih baik.
Namun demikian, Pembinaan Mualaf ini juga akan menyelenggarakan program-program pendidikan formal yang berorientasi pada pembentukan aqidah Islam yang kuat dan kaffah yang dalam jangka panjang akan membentengi anak-anak didik yang kokoh dalam gelombang kristenisasi massif dewasa ini. Bahkan pengurus anak anak papua ini akan membekali cara-cara berargumentasi dalam upaya sistematis melawan kristenisasi.
Selain itu, pengurus anak anak muallaf/muslim papua akan menyelenggarakan pendidikan al Qur’an dan pelatihan vokasional sebagai sayap pembangunan ekonomi pesantren sehingga secara perlahan dapat membekali anak didik dan para muallaf dalam pasar-pasar publik dan pembangunan.


B. Latar Belakang Pendirian
Pembinaan Mualaf ini bermula dari keperihatinan Muh Jafar yang mendapati para mualaf Kondisi mereka sangat memperihatinkan karena setelah masuk Islam, mereka terusir dari rumah dan hidup tanpa perlindungan orang tua atau keluarga. Jalan ini mereka pilih karena mereka yakin iman Islam sangat cocok dalam memenuhi gemuruh batin akan kebenaran ajaran Islam.
Namun pilihan ini tidaklah mudah. Pilihan ini berakibat pada keterlantaran mereka dari pelukan keluarga yang mengasihi. Mereka dianggap bukan bagian keluarga dan bahkan mengalami ancaman teror. Karena kondisi berat ini ditambah kurang pembinaan iman Islam, sebagian ada yang kembali murtad. Kondisi semacam ini dilihat dari optik ajaran Islam sangat disayangkan. Mengapa mereka terlantar? Mengapa mereka murtad kembali? Mengapa mereka dibiarkan menderita sendirian?
Pertanyaan ini menyentuh hati terdalam. Organisasi-organisasi Islam besar dan kecil sibuk berebut kursi politik. Para ulama berebut kue kekuasaan. Maka tak heran, jika keterlantaran mereka tak pernah terjawab. Dalam kondisi semacam ini kami mengadakan kirim santri para muallaf yang bergerak di bidang pembinaan, muallaf /muslim papua dan perhatian serta pelayanan pendidikan.
C. Visi dan Misi
I. Visi
"Membentuk kader-kader muallaf / Muslim yang kaffah dan mampu menjadi avant-guard (penjaga gawang) bagi penguatan aqidah islamiyah"

II. Misi
Sebagai sebuah institusi Pendidikan non formal yang akan melahirkan pribadi-pribadi Muslim yang kaffah, berkarakter serta berjiwa kemandirian, maka misi pengurus anak anak santri papua dituangkan dalam beberapa misi sebagai berikut:
1. Menggugurkan seluruh sisa-sisa keyakinan sebelumnya dan menggantikan dengan iman Islam yang lurus.
2. Menanamkan fondasi keislaman yang kokoh berdasarkan al-Qur'an dan Sunnah.
3. Mencetak juru da'wah (Da'i) yang militan berwawasan perbandingan agama.
4. Membentuk pribadi Muslim yang berakhlakul karimah, mandiri dan terampil.
5. Menggalang kesatuan dan persatuan di antara kaum Muslimin papua Indonesia dalam membeikan daya dukung terhadap kebangunan iman dan taqwa yang mantap di kalngan saudara kita kaum Muallaf./muslim papua
6. Sebagai ikhtiar kelembagaan dalam kerangka mengajak masyarakat untuk peduli melihat keterbelakangan pendidikan dan pembinaan para muallaf /muslim papua sebagai salah satu potensi dan asset umat yang dapat diandalkan keberadaannya bagi bangunan sebuah masyarakat bangsa yang beriman dan bertaqwa.

D. Nama dan Lokasi pengurus anak anak muallaf/muslim papua
Sekertariat sementara masjid annur. Celunyi bandung Rt 04/06.kelurahan cileunyi bandung/UIN.sunan gunung djati bandung.kode 40604.cileunyi bandung jawa barat

E. Rencana Strategis pengurus ,A’ADH DARUS-SUNNAH muallaf/muslim papua
Pengurus anak anak santri papua ini memiliki rencana strategis sebagai berikut:
1. Menginventarisir para muallaf yang berada di kota-kota maupun di desa-desa untuk lebih diberikan pendidikan dan pengajaran tentang keislaman sebagai ikhtiar pemantapan aqidah islamiyah dan akhlaq al-karimah.
2. Menginventarisir para muallaf untuk ditingkatkan potensi dan sumber daya manusia yang mereka miliki agar memperoleh kesempatan yang sama dalam mencapai kehidupan yang layak, sebagaimana maksud dan tujuan dari kemerdekaan manusia , yakni terpeliharanya antara hak dan kewajiban yang proporsional.
3. Membangun silaturahim dan komunikasi antar para muallaf dan umat Islam papua secara keseluruhan dalam rangka terciptanya sinergi hubungan.
4. Menghimpun potensi kaum Muslimin baik yang bermukim di pedesaan maupun di perkotaan untuk menjadi donator ataupun penyandang dana melalui pembayaran zakat yang aktif.
5. Membangun usaha-usaha sebagai sumber daya ekonomi untuk dapat berkemandiriannya kaum muallaf yang kurang mampu.
6. Dalam fungsi sebagai 'Amilin, pengurus muallaf/ muslim papua akan menyalurkan dan menyampaikan amanat dan zakat, infaq, dan shadaqah umat Islam yang terakumulasi sesuai dengan ketentuan Syari'at Islam.
F. Program Kerja
1. Program pembinaan
• Memberikan dasar-dasar aqidah Islamiyah melalui kajian rutin
• Memberikan dasar-dasar ilmu perbandingan agama
• Memberikan pelatihan khutbah dan atau ceramah-ceramah yang efektif
2. Program Pendidikan

• Menyelenggarakan pendidikan formal dari Tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi
• Menyelenggarakan pendidikan pesantren dengan pola terpadu (Islamic boarding school system).
3. Program Pengembangan santri papua
• Menghafal al-Qur'an dan tafsirnya
• Menghafal Hadits dan sarahnya
• Penguasaan Bahasa Arab
• Penguasaan Bahasa Inggris


g. Estimasi Dana
Dana yang diperlukan saat ini untuk kelanjutan pengurus muslim papua Pembinaan Muallaf membutuhkan dana adalah lebih kurang sebesar Rp 27.000.000.juta.pembelian membangun MA’ADH DARUS-SUNNAH

my - muh jafar al yasin

Tidak ada komentar: